Senin, 23 April 2012

Madame Tussauds Bangkok

Jadi, setelah hampir dua minggu menghilang tanpa kabar, mari kita lanjutkan jalan-jalan kita di Bangkok!.

Ada satu tempat di Bangkok yang terletak di dalam mall Siam Discovery, jalan Rama I di daerah Pathumwan. Tepatnya di lantai 6. Buat yang sudah pernah ke Victoria Peak, atau ke UK, biasanya tau kalo saya nyebut : Madame Tussauds. Yup, museum patung lilin yang menyimpan koleksi figur-figur orang terkenal, mulai dari artis sampe pejabat dan presiden luar negeri. 

Buat kesini, sebenernya cukup mudah. Tinggal naik BTS aja turun di stasiun Siam, atau National Stadium, tinggal jalan aja ke Siam Discovery di lantai 6. Tempatnya di paling atas, sebelahan sama skydining, restoran terbuka di atap mall di atas kota Bangkok.

Sampai di tempat ini sebenernya kebetulan banget, dan saya nggak merencanakan untuk ke museum ini. Alasannya sih simpel, buat turis kantong cekak kayak saya harga tiket masuk ke Madame Tussauds lumayan mencekik dompet. Untuk HTM aja dibanderol dengan harga 600-795 THB. Oh iya, tiket disini ada yang dijual paketan dengan Siam Ocean World atau tiket terusan, seharga 1500 THB. Hampir setengah jeti. Hiks, dan sekali lagi karena beruntungnya saya.. pas datang tempatnya udah tutup. Malem soalnya, hehehe.

Tapi, yang namanya Madame Tussauds nggak seru kalo nggak mejeng contoh patung lilin di depan museum. Dan dari sinilah saya bisa ikutan poto-poto, minimal udah pernah mengesahkan keberadaan di sini meski nggak masuk ke dalem. Hohoho.

mejeng di deket pintu masuknya
Mas-mas.. ntar saya pose dulu, baru disyuting kalo udah bilang : ACTION!! yaa
Asyik juga kayaknya red carpet barengan sama pacar.. hihihi
Berasa jadi manajernya Beyonce :D
Well, sedikit mengulas sejarahnya si Madame Tussauds, perajin patung lilin yang terkenal dari Paris - Perancis. Dulunya, si madam ini adalah seorang perajin patung lilin yang merupakan anak didik dari Dr. Philipe Curtius. Terlahir dengan nama Anna Maria Grosholtz di Strasbourg, Prancis tahun 1761, Madame Marie Tussauds ditinggal wafat ayahnya sebelum dia lahir. Ibunya adalah salah seorang  pekerja dari Dr. Philipe Curtius. Siapa dia?, dia adalah pengajar seni rupa dan kriya dari lilin asal Swiss. Mulai dari tahun 1770-an, Maddame Tussauds diminta untuk membuat patung-patung bangsawan yang dieksekusi sebagai simbol pada jaman Revolusi Perancis. Kemampuannya dalam membuat patung tersebut diuji dalam sejarah perjuangan rakyat Perancis. Mulai dari patung Voltaire, Benjamin Franklin, Marie Antoinnette, dan King Louis. 
 
Di awal abad 19, Maddame Tussauds berkeliling memamerkan hasil karyanya di Inggris sebagai bukti sejarah revolusioner Perancis, menunjukkan pahlawan-pahlawan republik dan penjahat-penjahat negara. Berita tentang patung-patung ini segera tersebar melalui koran publik, dan orang-orang melihat dan bertatap muka langsung dengan figur-figur personal yang selama ini mereka tidak bisa lihat secara langsung, meskipun dalam bentuk patung lilin. Oleh karenanya, museum Madame Tussauds pertama didirikan di London tahun 1835, dan orang-orang antri untul membayar sebesar 6 penny hanya untuk melihat hasil karyanya. Sudah lebih dari 200 tahun karya Madame Tussauds diabadikan, dan dipamerkan. Bahkan sampai sekarang, museum Madame Tussauds juga ada nggak cuman di London aja. Sudah ada di Hong Kong, New York, Berlin, Shang Hai. Di Bangkok, adalah museum Madame Tusauds pertama di Asia Tenggara.

Oh ya, kalo dipikir di dalam hanya ketemu patung-patung aja, sebenernya salah juga. Pasalnya, setiap pengunjung sebenernya bisa juga berpose dan berinteraksi seolah-olah memang mereka nyata. Duduk di kursinya Oprah Winfrey sambil bergaya diinterview, atau ngerangkul Justin Bieber, ngegantiin Obama, dan banyak lagi kalo mau pose aneh-aneh. Plus disediakan properti juga yang bisa dipake, semisal mahkota, syal bulu-bulu, apapun deh. Tapi kalo buat saya, buang-buang duit dan waktu ajaa. #alasanturiskere.


34 komentar:

Yayack Faqih mengatakan...

emang berada di thailand udah berapa hari ya? soalnya udah satu bulan sya baca postingan mas gaphe jalan2 ke negri gajah putih :D

suasananya serba merah ya kaya inget saya waktu masuk studio tvone punya bakrie group hehe...

Yayack Faqih mengatakan...

emang berada di thailand udah berapa hari ya? soalnya udah satu bulan sya baca postingan mas gaphe jalan2 ke negri gajah putih :D

suasananya serba merah ya kaya inget saya waktu masuk studio tvone punya bakrie group hehe...

mamie_funky mengatakan...

pertamaxxx nihhh....
wahh mahal juga yaa masuk ke sini....padahal kepengen juga foto bareng patung2 seleb...gimana caranya dapetin tiket yang diskon/murah? hehehehe

Mama Olive mengatakan...

Ahh...Nyesel mampir sini..
Ngiri ..jalan2 mulu si Gaphe..

Jangan lupa pulang bwa oleh2..

Rawins Mumet mengatakan...

patung yang kaos merah berasa kenal, om..?

Rifka Nida Novalia mengatakan...

serba merah. keren.

Iskandar Dzulkarnain mengatakan...

pernah baca di blognya Una, Madam ini juga ada di Cina :D

Azizah Ananda mengatakan...

*MUKA MUPENG* NO COMMENT

Hariyanti Sukma mengatakan...

Om gaphe jalan2 teyusssss..... jadi ngiri,
dgn yg baju merah ok juga tuh ...^_^!!

Tiesa mengatakan...

ya ampun ini cerita di Bangkoknya belum habis ternyata, ahhhh iriiii

Goiq mengatakan...

setahu saya patung-patung itu dibuat sesuai dengan tinggi asli tokohnya... berarti kamu tinggi sekali yah Phe sampai patung2 itupun kalah tinggi sama kamu...

Ika Andayanie mengatakan...

tiketnya paketan sma Ocean World ya..ga bisa ambil yang Madame Tussauds nya saja kah?^^

u n n i mengatakan...

Foto yang pertamaaaa antikkk bgd dah, bangg :p

si abang mash d thailand ya ? belum diusir, bang ?;p

kidding :)

armae mengatakan...

Pertama dengar Madame Tussauds tuh dari blognya si Una *telat banget yaaa akuu -_-"
dan setelah baca ini baru paham Madame Tussauds itu apa dan siapa :D

Ario Antoko mengatakan...

beratri patung yg dibuat untuk 1 tokoh ga hanya satu dong, tapi banyak untuk dipajang di semua cabang

Ririe Khayan mengatakan...

Ada hasil karya terbaru'nya madame Tussaud yg pake kaos merah tuh...

DewiFatma mengatakan...

Aku suka alasan turiskere itu..hahaha..

Keren banget foto yang di red carpet yang atas itu, Phe. Istri muda ya? :D

Isti mengatakan...

seru juga.....lumayan buat rekomendasi kalo ada rejeki kesana :)

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

kayanya ada yg kurang deh Phe, patungnya Gaphe kok gak ada disana

outbound training di malang mengatakan...

kunjungan gan.,.
bagi" motivasi.,.
fikiran yang positif bisa menghasilkan keuntungan yang positif pula.,..
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.,

AuL Howler mengatakan...

mirip banget patung lilinnya!

nuel mengatakan...

hebat banget orang2 yang bisa bikin patung kayak gitu... ckckkck

Three mengatakan...

Patung lilinnya bisa dibawa pulang ngga ya buat oleh-oleh :D

Happy Fibi mengatakan...

1500 THB brapa rupiah, Mas???

Wiss, pacarnya cantik bener, ya :P..
Ada patung lilin yg mirip aku, gag, ya -__-"

cara mengobati kanker payudara mengatakan...

keren,,,

Athifah Dahsyamar mengatakan...

jalan jalan terusssssss, oleh2 pulang makin banyak dong yaa hahaha

Adini mengatakan...

Hallo Om, apa kabarnya...
Ngomong2 pacarnya cantik kali ya Om...heheheh
Asik...asik jalan2 terus.

fitri anita mengatakan...

wah asik nih jalan2nya..

fitri anita mengatakan...

wah asik nih jalan2nya..

Niar Ci Luk Baa mengatakan...

mas e mesti ndak dibalesin ini coment nya :p

Niar Ci Luk Baa mengatakan...

mas e mesti ndak dibalesin ini coment nya :p

fai mengatakan...

jadi sekarang kerjaannya melanglang buana? baeklahhhhhhh

Agen XAMthone Plus Magetan mengatakan...

wah keren ya,
wah ada sejarahnya juga , ilmu baru

latifah mengatakan...

mas utk menikmati madame tussaud kira2 butuh brp jam ? kebetulan di SIAM kan byk objek tuh ,,biar bisa bagi waktu hehe,,tq

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...