Rabu, 11 April 2012

Wow, Emas 5,5 Ton!!!

Apa yang kamu pikirkan ketika ngeliat sebongkah emas seberat 5,5 ton berada beberapa senti di depan hidung kamu?. Kalo saya sih bawaannya pengen nyungkil aja, buat dibawa pulang. Sayangnya, hal itu nggak diperbolehkan saat saya berkunjung ke Wat Traimit, tempat penyimpanan golden buddha seberat 5,5 ton yang terbuat dari emas murni seluruhnya.

Emaas.. emaaas... $_$
Patung dalam posisi meditasi ini diklaim sebagai patung Buddha terbesar di dunia yang terbuat dari emas. Dan patung emas ini sebenarnya ada hubungannya dengan Ayutthaya, tempat yang baru saja saya singgahi. Bagaimana ceritanya?.

Liat tuh segede gono, emas semuanyaa... emaas.. emaass $_$
Saya sudah cerita kalo Ayutthaya pernah diserang Burma kan?. Nah, pada waktu itu, patung Buddha ini oleh prajurit-prajurit ditutupi dan dilapisi oleh semen dengan tujuan supaya dianggap oleh tentara Burma sebagai patung biasa supaya tidak dijarah. Berpuluh-puluh tahun lamanya, patung ini hanya dianggap sebagai patung batu biasa sampai pada akhirnya terdapat retakan di lapisan luarnya yang mengungkapkan bahwa patung ini aslinya terbuat dari emas murni 5,5 ton. Hebat juga bisa nyimpen emas sampe puluhan taun tanpa ada yang menyadari keberadaannya.. jadi pengen bilang kalo sebenernya saya tuh aslinya ganteng banget, cuman gak ada yang nyadar aja #plaaak

Kalo diitung-itung, harga patung ini ditaksir sekitar 28,5 juta poundsterling. Bayangin aja, kalo satu poundsterling Rp 14.500, harga patung ini lebih dari 400 miliar rupiah!. Bisa buat beli kerupuk buat semilyar orang tuh. Dan dari usianya, patung ini dibikin pada jaman Sukhotai masih jadi ibukotanya Siam sekitar 700 tahun yang lalu. Nggak cuman dari nilainya yang bikin patung ini mahal, tapi dari unsur sejarahnya makanya sebenernya nih patung menjadi priceless..

Wat Traimit dari depan.
Sebenarnya, selain melihat patung emas disini, di Wat Traimit juga ada museumnya. Saya nggak memutuskan buat masuk dan eksplor karena udah capek dan nggak ada duit. Bayarnya agak mahal kalo masuk museum, tapi lihat dari luar bentuknya mirip-mirip dengan House of Sampoerna, atau museum BI gitu yang bagian diorama-diorama.

Sembari istirahat, saya perhatikan ada kegiatan ngalap berkah juga yang dilakukan oleh warga Buddha disini. Disalah satu pojok wat, ada deretan lonceng yang bandulnya ditulisi dengan beberapa kata keberuntungan seperti healthy, prosperity, wealth, dan sebagainya. Katanya sih, dengan membunyikan serenteng lonceng sambil mengitari tempat itu dengan merentangkan tangan, lalu diakhiri dengan melempar koin ke ketel besar di tengah -tengah kotak yang dikelilingi lonceng, harapan yang diinginkan akan terkabul.


The Lucky Bell

Lempar koiin... hup!
Yaa percaya-percayanya orang sana aja sih. Hehehe.

Oh, ya. Kalo mau kesini, sebenernya tinggal jalan aja dari stasiun Hua Lampong. Deket, tinggal nyeberang jalan. Bahkan puncaknya Wat Traimit di lantai 4 juga udah keliatan dari stasiun.


44 komentar:

Ario Antoko mengatakan...

wow 5,5 ton emas... emas ga kena inflasi jadi nilainya sekarang....

kok mau aja tentara burma dikibuli, apa jaman dulu ga pakai intel sebelum nyerang :D

iwan mengatakan...

percaya gaphe cakep...nanti kalau ketemu patung disemen atau apapun nanti gua obrak-abrik sapa tau dalamnya emas..loh?

Audrey Subrata mengatakan...

jadi pengen bawa pulang secuil #eh? :p

Mama Olive mengatakan...

mantabs 5.5 ton emas..
kalo kita punya emas segitu, wahh cukup untuk 7 turunan, tinggal ongkang2 kaki *ngayal tingkat tinggi*

Aku pengen nyuil 5 gram ajja..

Tebak Ini Siapa mengatakan...

Dicuthik 1 kilo wae iso ra mas, hihihi...

merry go round mengatakan...

Pasti wat-nya jadi rame sama bunyi lonceng itu ya ;)

Btw ikutan giveaway di tempat gue yuks, cocok tuh buat lo yg fotonya segudang ;))

narti mengatakan...

jadi pengen bilang kalo sebenernya saya tuh aslinya ganteng banget, cuman gak ada yang nyadar aja #plaaak => percaya percaya... :)

yg ngelempar coin, penghasilan sehari berapa tuh? nanya gak?

Muhammad A Vip mengatakan...

berarti nggak kaya monas yang emasnya cuma tempelan di permukaan. untuk jaman sekarang ada yang berani bikin patung emas begitu lagi nggak ya?

Arman mengatakan...

kalo 5.5 ton gak bisa dicolong tuh ya... berat! hahaha

Ririe Khayan mengatakan...

coba kalau ujung kukunya tuh putus, dah lumayan tuh utk souvenir ...hehhehee

Iskandar Dzulkarnain mengatakan...

jangan2 om gaphe juga make topeng
trus kalo topengnya retak baru kelihatan gantengnya
#upss #becanda

MUHAMMAD RIDWAN mengatakan...

setelah baca ini jadi mikir, dengan apa ya bisa bawa emas segede itu buat di preteli di sini.....

wegegegegegegeg

Tiesa mengatakan...

kenapa khayalannya cuma sebatas beli kerupuk sih mas Gaphe, ngga ada makanan lain apah hihihi

Urang Kampoeng mengatakan...

dikasih 50 KG juga saya mau dach..kaga usah ton2an juga

Mila Said mengatakan...

sama monas gedean mana itu?

Bang Pendi mengatakan...

weiis mantap,jalan2 lagi. eh..ngomong2 sy masih ga nyadar klo mas Gaphe itu ganteng, emang iya? hehe..

Pakabar mas?

Meutia Halida Khairani mengatakan...

bagi 1 kwintal aja masih sisa banyak tuh emas. hehehe

Goiq mengatakan...

dicungkil sekilo dua kilo kayanya ga ketauan kali yah Phe.. wakakakaka

niee mengatakan...

eehh gaphe kemana? kok aku ketinggalan berita?

Bayu Hidayat mengatakan...

iya pengen di copet tuh emas nya. kan enak bisa di jual lagi. hihihi

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

aku gak dapet oleh2 emas nih phe :)

ghost writer mengatakan...

ada yang 'jaga' nich, Phe.

bahkan perampok profesional ngga bisa.

obat penyakit maag kronis alami mengatakan...

wah....dipahat dikit gapapa kali ya,,,dikit aja pake obeng atau pisau,,,hehe

Ferdinand mengatakan...

Klo gak salah inget Burma tuh Myanmar kan yak Phe? berarti Ayutthaya pernah diserang Myanyar tah zaman dulu? baru tau :)

Hem... pada kaya2 bener kayanya orang2 disana, Patung aja ampe dilapisin emas 5,5 ton :)

Untuk masalah kegantengan lu... gue sebenernya agak kurang yakin, tapi sama kaya Mbak Narti guw berusaha percaya aja lah wkwkkw...

Orin mengatakan...

punya emas sebanyak itu ga perlu kerja brp turunan tuh ya hohohoho

Dihas Enrico mengatakan...

bisa buat nambahi apbn negara biar bbm ga naik...
eh emng ga jd naik ya..
:)

lovelydebz mengatakan...

rasa2 pengen di kerik nggak sih kalo ada yang nggak liat heheheehehehhehe

naspard mengatakan...

boleh gak bang cuilin dikit aje
mupeng tau liatnyaa

s y a m mengatakan...

kenapa gak dicungkil aja phe? hahaa...

Nonni Shetya mengatakan...

5,5 ton ? ga kebayang itu. mesjid kubah emas aja kalah *yaiyalaaaah

Cara Mengobati HIV mengatakan...

WAW,,, aku sampai ternganga baca artikelnya di tambah sama pic nya. emasnya sampai 5.5 ton...

Andy mengatakan...

kalau diambil mitos'a kaya harta karun Firaun yang mengandung banyak penjaga'a,jadi kalau iseng2 mengambil barang yg ada sekitar situ akan mati mengenaskan

AuL Howler mengatakan...

woww...
seru juga kali yaa kalo Aul dipatungin pake emas 5,5 ton.
trus dipajang di atas monas.

*ih
*ngayalnya nggak banget

ngahahaha

nuel mengatakan...

tapi seringkali malah bener lho phe.. ada yang kejadiannya permohonannya terkabul. :P

cara pemesanan ace maxs mengatakan...

kalo gw ke sana gw mau bwa pahat, lumayan kalo bisa nyongkel dikit,,,hihi

Niar Ci Luk Baa mengatakan...

mas gaphe mlaku2 terus rek....

mas mas tuh yang motoin pas makan lumpia nya sapa yaa...xixixixi....


*jarang di balesin comentnya neh sama mas gaphe* :p

Sarah mengatakan...

kalo buat investasi, lumayan juga tuh. Minta aja sekilo Mas buat persiapan mahar :D

habibi daeng mengatakan...

wow. . . satu pikul aja ga kebayang berapa nilainya, hahaha mas gaphe kalau punya emas satu ton mau diapain, hayooo? ~_^

tiffa mengatakan...

mau... mas-nya, mas tampan #hedyeh

cara pemesanan trica jus mengatakan...

keren.....

♥chika_rei♥ mengatakan...

bisa dicolong dikit gx ya emas segitu hihiiii

Dihas Enrico mengatakan...

lucky bell pasti ada namanya..
kayak lucky stupa....
kuntobimo yg ada di borobudur....

dv mengatakan...

gilingan..lo ga ad niat buat ngikis emas nya tuh, hehehe

Happy Fibi mengatakan...

Wih, keren, Mas :O

Bentar, deh, perasaan Mas Gaphe nih sering cerita ttg jalan2nya..
Sering jalan2 keluar, ya, Mas??
Enak banget, y :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...