Jumat, 27 April 2012

Yang Yumilah Yumiwati di Bangkok!

Yang jelas, nggak sah kalo nggak nyobain makan makanan khas setempat sepanjang perjalanan di Bangkok. Sebenernya, yang saya ulas disini kebanyakan pembaca mungkin sudah pada kenal dan pernah mencoba. Karena, beberapa makanan asal Thailand memang sudah banyak diadaptasi ke berbagai lidah. Semisal, Tom Yum. Di resto asia, biasanya masakan ini ada. 

Satu yang bikin penasaran buat saya soal Tom Yum ini adalah : bagaimana kalau di negara aslinya? Apakah sama dengan tom yum- tom yum yang pernah saya coba di Indonesia?. Dan setelah berkutat memutari Bangkok akhirnya saya menemukan restoran halal yang menjual makanan khas Thailand ini. Letaknya di MahBoonKrong (MBK - Mall) di lantai paling atas bagian foodcourt. 

Well, sebenarnya nggak rela juga masuk restoran karena sekali lagi selain harganya yang mungkin diatas rara-rata pasaran juga karena nggak ngerasain suasana lokal yang harusnya emang jadi nilai plusnya sebuah masakan khas setempat. Tapi, apa yang saya bayarkan dengan apa yang saya terima benar-benar worthed!. Ini Tom Yum dengan rasa paling kaya yang pernah saya rasakan.

Tom Yum Yang Yumilah Yumiwati!
Tom Yum ini ada dua pilihannya, isi seafood atau isi ayam. Saya pilih seafood karena biasanya memang tom yum itu khasnya ya ada di seafoodnya. Cita rasa asam-manis-pedas dari kuahnya benar-benar nendang!. Kuahnya agak kental, tapi tidak sekental santan. Biasanya, Tom Yum kuahnya encer. Namun tidak ada rasa "berat" yang tertinggal begitu ditelan. Segeer banget, karena menggunakan sereh, jahe, daun jeruk, dan sepertinya rasa asam yang ditimbulkan berasal dari jeruk nipis dan belimbing wuluh. Hemm.. 

Sebagai pelengkap, saya juga memilih Thai Tea. Saya pernah nyoba minum Thai Tea di restoran buffet all you can eat Hanamasa dan ketagihan. Makanya pas nemu ada menu Thai Tea, saya langsung pesan segelas. Memang nikmat, makan tom yum dan thai tea langsung di negara asalnya!. bahkan untuk oleh-oleh pun saya beli teh thailand packingan buat bikin thai tea dirumah ntar.

Thai Tea yang bikin nagih
Oh ya, saking ketagihannya sama thai tea ini pun saya juga akhirnya tiap nemu tempat jualan minuman yang dicari adalah thai tea. Dan beruntungnya memang di Bangkok, banyak banget kedai minuman yang tersebar di sepanjang jalan menjual minuman. Umumnya sih aneka macam kopi dan teh.

Well, makanan lainnya yang khas Thailand adalah Pad Thai. Semacam mie goreng gitu sih, tapi dengan cita rasa yang lagi-lagi asam-manis-gurih. Nano-nano rasanya. Saya nemu penjual pad thai ini di dekat dermaga no 8 saat mau menyeberang ke wat arun. Pad thai serupa kwetiau dengan bentuk mie lebih besar dan pipih, dimasak menggunakan banyak bumbu termasuk jeruk nipis,gula pasir, dan terakhir ditaburi dengan cacahan kacang goreng dan bawang goreng. Menurut saya sih rasanya enak, tetapi mungkin bagi beberapa orang yang baru pertama kali merasakan akan berasa aneh di lidah. Habisnya, rasanya menggelitik sih!.

Kalo pad thai itu mie goreng, ada juga jenis mie rebus. Saya nggak tahu namanya karena tertulis dalam bahasa Thai, dan nggak nanya banyak ke penjualnya karena dia nggak bisa bahasa inggris. Bentuknya sih mirip-mirip sama pho (mie kuah khas Vietnam). Begini penampakannya :

Bihun rebus yang entah apa namanya dalam bahasa Thai.
Ini saya nemu di dekat oriental pier (Pier no 2) saat jalan-jalan nyari makanan halal. Sebetulnya memang buat muslim agak susah mencari makanan halal di Bangkok. Atau, hanya saya aja yang baru pertama kali kesini makanya nggak tau tempat mana yang jual. Tapi pas sekalinya nemu, berani langsung tunjuk-tunjuk ngasal menu yang tertulis dalam bahasa Thai, sekalian gambling nyoba bentuknya kayak gimana. hehehe.

Ada juga yang bilang, kalo ke Bangkok belum lengkap kalo belom nyobain sticky rice with mango. Alias beras ketan yang dimasak dengan susu dengan diatasnya ada potongan mangga matang. Kalo bingung nyari, sebenernya di mall-mall banyak yang jual koq!, karena di sepanjang jalan saya nggak nemu makanan itu tapi sekalinya nemu malah di mall.

Overall, saya boleh bilang masakan di Bangkok rata-rata masih bisa diterima lidah bangsa kita. Yaa bumbunya sebelas-dua belas laah. Tapi saya nyeselnya satu, saya nggak sempet nyobain belalang goreng, belatung goreng, atau apapun serangga yang aneh-aneh itu digoreng karena nggak nemu! >.<

35 komentar:

Iskandar Dzulkarnain mengatakan...

yakin mau makan belalang goreng kalo nemu? LOL
ih aku sih ga bakal mau makan kayak gituan :D

Mama Olive mengatakan...

hmm yumilah yumiwatiii!!
tapi ga bangget makan belalang mah..

Phe, udah balik, di bangkok muluu..
*bikik sirik aja tauuu*

Tiesa mengatakan...

sedap banget bayanginnya membaca ulasannya dari atas kebawah, tapi begitu sampai ujung cerita langsung eneg, yakin mas mau nyobain belalang goreng, belatung goreng? yakkksss >,<

Mami Zidane mengatakan...

wuah...tom yum nya bikin ngiler deh....

Aiinizza Wynata mengatakan...

bikin ngiler liat makanannya :(

Orin mengatakan...

sticky rice with mango itu emang enak bgt mas Phe, di kantor kantin pas di sana sering ada, pasti ga kelewat makan aku hihihihi

Orin mengatakan...

sticky rice with mango itu emang enak bgt mas Phe, di kantor kantin pas di sana sering ada, pasti ga kelewat makan aku hihihihi

dey mengatakan...

selalu aja jalan2 ... selalu aja makan2 ... enak banget ...
sirik ... hehehe

tiffa mengatakan...

thai tea-nya terlihat sprti jus. Dr gmbarnya memang terlihat enak.

Ninda Rahadi mengatakan...

uwaaaaaaaaaaaaa seraaam belatung gorenggggg

cara mengobati stroke mengatakan...

bihun rebus nya sebut saja soto,,,hehe

fitri anita mengatakan...

ngiler dech....slurppp

fitri anita mengatakan...

ngiler dech....slurppp

Syifa Azz mengatakan...

enyak2 tuh kayaknya.. nyuummm...

Rifka Nida Novalia mengatakan...

ngeces deh ...

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

cb ada resepnya, kan bisa nyobain masak :D

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

cb ada resepnya, kan bisa nyobain masak :D

a2i3s™ mengatakan...

tom yam dan bihunnya bikin ngeces, apalagi emang suka beneran hehehe ... tapi minumnya, masih mikir :P

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

astaga.dikau bikin daku lapar pagi2 gini. hiks..

nuel mengatakan...

phe, ini pertama kalinya lho gue baca culinary post di blog lu lagi... biasanya kan lu nulis tentang travelling trus... hahahaha

Dan teteup yah bikin ngeces... hahhaha

Happy Fibi mengatakan...

Oleh2 Thai Tea-nya amsih ada, gag, Mas??
Bagi2, donk..
Hehe :P

ririe khayan mengatakan...

Tom yum dan thai tea'nya...bikin mupeng banget deh...hehehe

narti mengatakan...

itu malah mirip2 ma soto, hihi...

berani langsung tunjuk-tunjuk ngasal menu yang tertulis dalam bahasa Thai, sekalian gambling nyoba bentuknya kayak gimana. hehehe. => didaftar menu gak ada gambarnya yah? biar bisa sedikit membayangkan gitu..

meliajani mengatakan...

*mendadak ngiler sama tom yum*
seneng bangeet deh ke Thai, masih di sana phe?

meliajani mengatakan...

*mendadak ngiler sama tom yum*
seneng bangeet deh ke Thai, masih di sana phe?

Adi Chimenk mengatakan...

sticky rice with mango, gw nemunya di sepanjang jalan daerah china town. berhubung ada campuran susunya, ya gw gak doyan. hehehe. Bukan apa-apa, cewek thailand kan banyak yg kw, susunya juga patut dipertanyakan.. *eh, heheh*

Adini mengatakan...

hmmm Tom Yam, kesukaan suami mb. Inget dulu waktu masih pacaran...ada satu tempat favorit kami..kalau makan pasti pesannya Tom Yam.

Mila Said mengatakan...

gw juga ga nemu serangga goreng itu hihihii...
tapi masa jauh2 ke bangkok makan di mall doang hahaha...

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

akhirnya yumilah yumiwati keluar lagi nih

AuL Howler mengatakan...

pengen nyoba Thai Tea...

itu bihun rebus thailand nya agak mirip makanan indo yah bang?
Soto? miso?
wkwk

Claude C Kenni mengatakan...

Yumilah Yumiwati...udah lama ga denger kata itu...

Dari semua foto di atas gua paling ngiler liat Thai Tea nya...Thai Tea di negara aslinya pasti lebih enak daripada yg di Indo donk?

Ario Antoko mengatakan...

belalang goreng boleh dimakan..

belatung goreng ogah :p

Neyna Naya mengatakan...

yihaaa Bangkok, kapan ya bisa ke Thailand, harus jeli juga ni cari tiket murah biar bisa ngerasain yang yumilah dan yumiwati juga :)

hilsya mengatakan...

hmm..kemaren pasti belum nemu squid egg bakar bumbu yg dijual 25 - 35 baht.. itu enaaak banget, lho

obat jerawat herbal mengatakan...

muantaapp

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...