Rabu, 09 Mei 2012

Nggak Sekedar Jalan-Jalan

Bagi saya, jalan-jalan nggak hanya sekedar sampai di satu tempat trus foto-foto karena beberapa hal selama saya melakukan perjalanan itu bisa jadi pengalaman yang kadang menambah value yang membuat jalan-jalan menjadi nggak sekedar jalan-jalan. Seperti pas di Bangkok lalu, ada beberapa hal yang aneh dan lucu yang saya temukan sepanjang perjalanan. Mungkin ada beberapa yang ditemui di Indonesia, tapi mungkin ada juga yang nggak. Apa aja itu?

Pertama soal foto raja. Tahu kan ya, kalo Thailand itu menganut sistem Monarki dimana kepala negara berbeda dengan kepala pemerintahan. Kepala negara dipegang oleh raja, dan kepala pemerintahan dipegang oleh Perdana Menteri - yang dipilih kayak pilpres di Indonesia. Nah, Raja Thailand yang sekarang ini yaitu Bhumibol Adulyadej yang bergelar King Rama IX merupakan tokoh yang sangat dijunjung dan dihormati. Saking menjunjung tinggi rajanya, makanya buanyak banget foto sang raja dipasang dimana-mana. Entah dipinggir jalan besar, di depan gerbang kuil, di pusat pemerintahan, pokoknya dimana-mana deh. Nggak tanggung-tanggung pula ukurannya, minimal tinggi 2 meter dengan lebar 1 meter. Nih contohnya :


Ternyata yang suka foto nggak cuman pemilik blog ini...
Mungkin ini sebelas dua belas sama di Indonesia. Masih inget kan, kalo dulu jaman sekolah SD atau SMP ada fotonya bapak presiden dan wapres di kiri kanan mengapit Garuda Indonesia di tengah?. Yaa bedanya sih kalo di Indonesia dipasang di dalam kelas, kalo di Thailand dipasangnya di luar ruangan. Gede pula. Eh, tapi siapa tau ternyata di dalam ruangan ada juga fotonya?.. saya nggak sempat masuk ke sekolahan di sana sih.

Kedua, soal Mc Donald. Trinity bilang di bukunya kalo kemajuan suatu negara atau kota biasanya dilihat dengan ada tidaknya jaringan restoran waralaba dengan maskot mas Ronald Mc Donald ini. Kalo di Jepang namanya jadi Makudonarudo, nah kalo di Bangkok ini namanya sih tetap Mc Donald. Tapi, yang unik adalah maskotnya si Ronald ini posenya menangkupkan tangan dengan pose salam khas Thailand. Mungkin kalo bisa ngomong, Ronald ini bakalan bilang : Sawasdee Khrup (sawatdiikap)


Sawasdee khrup

Soal menu di McD pun juga beberapa beda dengan di Indonesia. Di McD Bangkok ada menu pork yang nggak lazim ditemui kalo di Indonesia. Hmm mungkin karena kulturnya emang beda kali yah, di Indonesia banyak Muslimnya jadi nggak lazim jual pork secara umum. Soal minumannya pun juga ada yang beda. Saya lupa namanya, yang jelas bentuknya adalah semacam slurpee di seven eleven. Jadi Coca Cola dibekukan trus dihaluskan, baru disajikan dengan float di atasnya. Ada fanta strawberry juga, dan ada yang campuran. Saya nyobain yang campur antara cola dan fanta, dikasih float diatasnya. Cuman 30 Baht aja!. Rasanya sih aneh, campuran antara semriwing soda rasa cola dan strawberry, plus meleleh di mulut karena sama kayak nyedot es batu alus, dicampur sama lembutnya floatnya.

Sluurpp.... Float yang aneeh rasanya. Tapi enak :D
Ketiga soal harga BBM. Hmm sebenernya ini bikin saya cukup bersyukur karena tinggal di Indonesia. Kenapa?. Harga BBM Premium di Indonesia kan sekarang sekitaran 4500 rupiah per liter ya?. Ini masih jauuh lebih murah dibanding kalo di Thailand yang seliternya paling murah adalah 32 baht (Rp. 9600). Bayangin, dua kali lipatnya kalo di Indonesia. Gitu aja koq yaa masyarakat masih demo kalo mau naik harganya ya?. Mbok ya bersyukur setidaknya kita tidak hidup di Thailand dengan harga BBM yang segituan. Hehehe.

Keempat, soal oleh-oleh. Ada kalanya pas ngasih oleh-oleh kita pengen yang unik dan lucu ya?. Tapi kalo bisa juga nggak repot. Nah, biasanya sih kalo saya ngasih oleh-oleh ya makanan. Ada satu toko permen di dalam Central World mal yang ngejual permen unik. Permennya home-made, dan proses pembuatannya jadi salah satu daya tarik dari toko ini. Uniknya, permen itu di dalemnya bisa diisi dengan berbagai macam kata, gambar, atau bentuk dan rasa. Jadi sebenernya mereka nggak hanya ngejual permen aja, tapi juga ngejual art. Bentuk permennya kayak gini nih :


Itu tulisan yang di tengahnya pake aksara Thailand. Gak ngerti artinya apaan

Nama tokonya sih Made In Candy : Candy Chefs and Sugar Art. Itu yang saya pegang adalah hasil dari demo bikin permen yang barusaan aja dilakukan.


Atraksi bikin permen yang bisa disaksikan gratis

Tulisannya di dalem permen atau gambarnya pun bisa kita pilih macem-macemnya. Bahkan rasanya pun juga beda-beda. Mereka ngejual dalam bentuk toples-toples berbagai macam ukuran dan ada juga yang dalam bentuk kantong. Harganya sih mulai dari 80 Baht (24 ribu rupiah). Buat oleh-oleh yang unik dan personal, permen ini bisa jadi pilihan loh!.

Berbagai macam bentuk gambar, tulisan dan rasa bisa dipilih. Enak loh!
Jadi, kalo pas lagi jalan-jalan mendingan liatin kiri kanan deh, siapa tau nemu banyak hal yang membuat perjalanan kamu jadi lebih berwarna. Nggak sekedar jalan-jalan lagi kaan...

28 komentar:

niee mengatakan...

pertama,, soal foto presiden.. itu di kantor aku di ruang big bos sama ruang pertemua masih dipajang loh :D

dan soal permen juga.. kalau gak salah aku pernah lihat di TV kalau permen seperti itu udah ada diindonesia.. mereka bahkan bisa membuat gambar2 gitu :D

Yudi Darmawan mengatakan...

hehe,
sepertinya semua kata trinity dipraktekin ya mas..
dalam tahun ini target berapa negara yang bakal didatengin setelah tahiland??

Adittya Regas mengatakan...

kalau baca judulnya, jadi inget sama mas sukron (ini bukan blog) haha

asik ya mas jalan2nya saya menyimak betul nih hhe

visit n comen back oke ;)

hoedz mengatakan...

Kalo yg permen ada chef nya itu kan ada juga di Indonesia Phe ..
eh iya .. kenapa gak foto sekalian samping Raja nya Phe .. boleh kan ?

Ika Andayanie mengatakan...

kl traveling lbh enak stay agak lama, santai, nikmati kehidupan setempat, interaksi sama warga lokal^^

Iskandar Dzulkarnain mengatakan...

hm... perasaan semua orang punya sisi narsis om
cuma bedanya tersampaikan atau tidak tersampaikan LOL

Rawins mengatakan...

lho masih bumibol tho..?
awet tenan yo
perasaan jaman aku sd juga dah jadi raja dia...

Mila Said mengatakan...

Setau gw di Thailand itu ga ada bensin premium, paling murah setara sama Pertamax. Ironis nya harga jual nya sama, sedangkan Indonesia punya bnyk ladang minyak, Thailand enggak. hihihihii....

Niar Ningrum mengatakan...

jalan jalan mulu neh, kapan diajaknya :p

entik mengatakan...

penasaran dengan permen yang bisa dikasih tulisan dan gambar....

uci cigrey mengatakan...

phe, koq seru sih bisa nongton bikin permen gratiysss :D
kayanya rajanya narsis banget yah, melebihi gapheee

Ita mengatakan...

Memang kudu jeli melihat sesuatu yg lain di satu negara :)

YeN mengatakan...

mas phe lama tak jumpa...
apa kabar? kapan gemuk? hihi :P

octarezka mengatakan...

kl udah dimakan, kata-katanya lenyap
:P

Orin mengatakan...

Sepakat mas Phe, kalo kata guruku, "setiap perjalanan adalah perjalanan jiwa", makanya harus bersyukur kalo punya jiwa berpetualang ya #eh? qiqiqiqi

lovelydebz mengatakan...

Hebat....kalo saya selalu kalo jalan-jalan cuma mikirin motret sama pasar traditional hunting kain atau pernak pernik lucu...sigh...kayaknya harus mulai praktekin seperti yang kamu bilang deh ....

nuel mengatakan...

yup... kita juga harusnya juga bersyukur karna harga semahal2nya BBM kita, gak semahal juga kayak di eropa... Hehehe

alaika abdullah mengatakan...

Duh enaknya yang jalan-jalan.... banyak melihat, banyak memoto, banyak pula bahan untuk ditulis. Trims for share ya mas Gaphe.
btw, salut deh ngeliat patung mas Ronald dengan kedua tangan menyampaikan salam khas Thai.

Ririe Khayan mengatakan...

BUkannya di sini poto R1 dan R2 juga masih jadi pajangan resmi di kantor/sekolah ya Mas? Hanya di rumah-rumah saja yg gak wajib lagi kayak doeloe.

PAs lihat mas Ronald , ngasih Sawasdee Khrup kan sama mas Gaphe. Kok gak di jawab salamnya...

Ami mengatakan...

lagi ngebayangin es yang aneh tapi enak itu gimana ya? mungkin soalnya gak familiar kali ya

Ami mengatakan...

lagi ngebayangin es yang aneh tapi enak itu gimana ya? mungkin soalnya gak familiar kali ya

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

huaaa badut mcd nya juga bergaya ya

Ario Antoko mengatakan...

jgn menghina raja di thailand, Phe bahaya!

menurutku cara orang thailand menghormati raja itu sudah berlebihan, tapi itu budaya mereka kan

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

hehee patung mc d nya unik. tapi pas ke sana aku gak sempet naik tuk tuk. krn ikut tour. gak mampir ke mc d juga. itu bedanya ya kalo pergi backpacker sama tour

Lyliana Thia mengatakan...

jd inget di Thailand jg ada permen susu, ... buat anakku yg gak terlalu doyan susu cair, permen susu ini menolong bgt... gak keras jd gak bikin tersedak... sayang di Indonesia kayaknya belom ada nih... :-(

outbound malang mengatakan...

kunjungan gan .,.
bagi" motivasi .,.
jangan pernah mengeluh dengan apapun .,.
tetaplah semangat dan nikmati semua.,.
di tunggu kunjungan balik.na gan.,.

drajat mengatakan...

Bangkok sudah sedemikian majunya untuk penyediaan trasportasi massal bagi warganya

drajat mengatakan...

Bangkok sudah sedemikian majunya untuk penyediaan trasportasi massal untuk warganya.Dan saya harap Jakarta bisa menyusul...

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...