Minggu, 10 Juni 2012

Es Krim Susu Kambing?

Pernah nyobain susu kambing?.

Kalo es krim susu kambing?.

Kalo belum, sama!. Saya juga belum pernah. Makanya saya tergelitik untuk nyoba cari tahu gimana sih rasanya es krim susu kambing itu?. Es krim berlabel MADO ini saya temukan di wilayah Bukit Bintang Kuala Lumpur. Sepertinya, kedainya masih baru karena sewaktu saya ke Bukit Bintang akhir tahun lalu kedai ini belum ada. Hemm. Lumayan, apalagi ada free tastingnya. Tau donk kalo saya doyan sama yang gratisan..

Kedai Mado - Bukit Bintang
Free Tasting Ice Cream.. senangnya!
Sebenarnya, MADO ini adalah label es krim yang berasal dari Turki. MADO ini juga merupakan singkatan dari Maras Dondurma atau yang berarti es krim dari Turki. Salah satu ciri khas es krim Marash (ini merupakan nama wilayah di Turki) adalah bahannya berupa susu kambing murni. Dan, ciri khas es krim Mado ini adalah bahan pengentalnya bukan menggunakan gelatin seperti yang ada di eksrim biasanya. Mereka menggunakan bahan pengental berupa salep. Jangan bayangkan salep seperti obat kutu air yah, tetapi salep ini merupakan hasil produksi dari peternakan.

Ngebaca dari sejarahnya, dulu Mado diciptakan oleh Osman Kambur, pedagang es balok yang mengambil salju dari pegunungan kemudian mencampurnya dengan susu dan buah-buahan sekitar tiga abad yang lalu. Dia menjual eskrim ini secara berkeliling disekitar kota Maras. Sampai akhirnya kini, MADO sudah memiliki lebih dari 300 outlet di seluruh dunia. Dan bahan bakunya masih tetap dipertahankan sampai sekarang : Susu Kambing.

Mirip Gelato

Mungkin hampir tidak bisa dibedakan dengan kedai Gelato (eskrim Italia) dari segi tampilan luarnya, tetapi setelah melihat bagaimana bartender berparas Turki aseli mengambilkan sampel untuk dicicip sama pengunjung barulah ketahuan bedanya!. Salep yang saya ceritakan tadi sebagai bahan pengental menunjukkan fungsinya, karena salep inilah eskrim yang disajikan tidak mudah lumer, liat dan menimbulkan sensasi yang beda ketika ditelan. Sebagai buktinya, ketika eskrim dibalik pun tidak akan tumpah!.

Mas bartender mendemokan eskrim tanpa tumpah pesanan saya 
Suasana Dapurnya
Ada banyak pilihan rasanya. Mulai dari raspberry, mango, chocolate, vanilla, sampai rasa aneh-aneh yang saya nggak hafal namanya. Saya sempat mencicipi beberapa rasa, sampai akhirnya jatuh pada pilihan eskrim berwarna putih : Sade!. Sade dalam bahasa Turki berarti sederhana. Sederhana disini maksudnya eksrim ini tanpa campuran rasa apa-apa, atau original. Susu kambing murni, tanpa rasa tambahan. Soal rasanya, jangan dikira akan bau prengus kambing yah, karena begitu masuk dimulut dan lumer di lidah, hemm manisnya pas dan nggak eneg. Bikin ketagihan.


Sebenernya sih, di kedai Mado sini nggak cuman jualan eskrim scoop aja. Ada juga pastry, biskuit, baklavas (kue khas turki), dan beberapa jenis makanan lainnya. Tapi kalau saja nggak liat harganya yang lumayan menguras kantong, sepertinya saya mau nambah.. dan nambah lagi es krimnya!. hehehe.


59 komentar:

RIAN Ra-kun mengatakan...

nikmat bener keliatannya phe. mumpung hari panas, bagi dong :D

ria haya mengatakan...

Belum pernah nyobain semua...
Mau donk free tester ice creamnya :D

Syam mengatakan...

Eskrim tanpa tumpah, haha... kayak akrobat aja phe. belum pernah liat euy #katrok

Enak gak yahhhh... tapi kl ingat kambing #dohh

Dihas Enrico mengatakan...

hmmm...
enak tuh...
mau donk...
mas gaphe msih jalan-jalan nih...??

Lidya - Mama Cal-Vin mengatakan...

ice creamgratisnya boleh nambah gak Phe ? :) aku belumpernah minum susu kambing katanya bisa nambah berat badan loh.

Nonni Shetya mengatakan...

oke fix ngidam es krim gara2 baca ini.. -_______________-

Return to My Blogg mengatakan...

es krim susu kambing tanpa gelatin? kayaknya unik dan keren. apalagi kalo dibalik, es krimnya nggak tumpah. patut dicoba!

Iskandar Dzulkarnain mengatakan...

bawa satu ke Surabaya dong :P

Enny Law mengatakan...

wah blm pnh makan daging kambing atau minum susu kambing,
apa lagi es krim susu kambing
soal'a emank gak suka..
tapi kayaknya enak tuh..

titoHeyzi mengatakan...

masih penasaran.. bau tuh bang ato berasa kambing ga eskrimnya,, hha.

liat eskrim di cone gitu ngingat zaman sd dulu beli es sm abang2 keliling,,

iwan mengatakan...

Ampun...
Gak tahan liatnya...MINTA... T_T

r10 mengatakan...

ngiler deh aku +_+

Claude C Kenni mengatakan...

Jadi, apa bedanya sama susu sapi? Penasaran...

u n n i mengatakan...

langsung ngidamm *es krim*

bang bagiiii baanggg ...
-____-

rabest mengatakan...

mjadi mupeng mas..hehhe

Yunda Hamasah mengatakan...

Kebetulan anak2ku suka banget susu kambing, jadi dirumah ada stoknya, maka sesekali aku pernah buat es krim susu kambing :)

Ibu3boys mengatakan...

wah dibilang baby raffa alergi susu sapi, ibunya nyobain susu kambing ettawa bubuk..rasamnya lumayan juga kok, gak ada bau kambing samsek

jarwadi mengatakan...

ngga ngira es krim susu kambing beneran ada, kirain hanya bercandaan seperti es krim susu nona :)

.:diah:. mengatakan...

susu kambing jadi es krim? gak bau ya Phe? weew, bisa gitu ya?

tapi keknya mupeng, gak suka kambing soalnya :D

Ririe Khayan mengatakan...

susu kambing sdh sering dengar, tapi es krim susu kambing...hemmm..baru tahu neh. DAn faktanya, baik susu kambing maupun dalam bentuk es krimnya, saya belum pernah nyobain...#ayo traktir!

Muhammad A Vip mengatakan...

di sana ada orang indonesia buka kedai es krim enggak Phe? kalo belum ada buka saja dengan merek "Tung Tung"

Mila Said mengatakan...

woooh keren, eskrim nya ga jatoh dibalik. kayak Bubur Ayam Mang Oyo di bandung, piringnya dibalik buburnya ga jatoh... jangan2 buburnya pke susu kambing juga tuh

uci cigrey mengatakan...

okesip bikin pengen nyoba :D
yakin pake salep yg bukan buat kutu aer :p ihhhh :))
kayanya harganya mahal yah phe? berapaan

uli mengatakan...

bisa tahan berapa jam es nya? gak tumpah gitu

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah susu embek...rasanya gimana itu ya...jadi penasaran.

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

wah susu embek...rasanya gimana itu ya...jadi penasaran.

obat herbal varises mengatakan...

setelah baca, ini artikel yang berbobot juga ya,, dari kata katany sangat jelas dan mudah di fahami,,, keren dah,,, semoga sukses aja,,,

obat penyakit asam urat alami mengatakan...

pengen nyobain susu kambingnya aja dulu...

Rawins mengatakan...

neng bukit bintang pathuk kok gak ono yo..?
hehe

Niar Ci Luk Baa mengatakan...

Mau dung free es krim nya mas gaphe :D hahahaha........

bawa sbya dung 1kotak ajah rasa stobely :D

Ami mengatakan...

Aku pernah posting susu kambing yang merupakan minuman para Nabi itu sangat berkhasiat dibanding susu sapi... coba ada di sini, aku rajin beli... tapi bikin bokek kali ya kalo keseringan

Goiq mengatakan...

Es krim gratisnya gak boleh nambah yah phe ?

kacho mengatakan...

Yang pernah aku baca (dari komik) sih, susu kambing itu kandungan gizi-nya lebih banyak daripada susu sapi, dan untuk dibuat roti, katanya sih, juga hasilnya lebih baik daripada susu sapi. Kalau gak salah ingat, begitu.

Hem,,,,pingin nyobain juga kalo ada versi es krimnya....Beda gak sih, ama es krim bias? Truz, sensasi es krim yang tanpa tumpah itu kayak gimana? >.<

Ajeng Sari Rahayu mengatakan...

ya mana mungkin lah Phe bau wedhus mentang2 bahane susu kambing -.-"

eh tapi2 yg nyiptain aja namanya Kambrus kayak plesetane kambing hehe ngawur :D

enak ya bisa nyobain yg gratisannya, boleh banayk2 ga sih Phe yg gratisan itu gambilnya >.<

kak_ega_punya cerita mengatakan...

udah 2 kali ke sana, dan saya belum nyobain :(, akhir taun ini saya harus nyobain hehee.. wish me luck, thanks infonya

affanibnu mengatakan...

dengar2 susu kambing itu agak amis ya..?

deadyrizky mengatakan...

aakkkkk
pengen yang kek giniannn
Pemko Takengon bikin kek giniann dongg
atau setidaknya
ajak investor ke sini lahhh

nur aini iswati hasanah mengatakan...

apa ndak enek ya?
lemaknya tinggi kan?

Said Arsyad mengatakan...

weh, jadi pengen es krim deh..

joe mengatakan...

pasti yummy deh, apalagi kalau gratis

Orin mengatakan...

yg enak2 knp harganya ga nge-enakin kantong ya mas Phe? hihihihi

Inda Bunda Farrel mengatakan...

Baru tau kalo ada es krim susu kambing.. :D
Pengen dunk cobain satu.

Inda Bunda Farrel mengatakan...

Baru tau kalo ada es krim susu kambing.. :D
Pengen dunk cobain satu.

Yudi Darmawan mengatakan...

solid banget tuh teksturnya,
gak numpah dibalikin,
saya cuma sekali ngerasain olahan susu kambing, kalo ndak salah kefir namanya,
agak2 asem2 gimana gitu, mirip yogurt

Yudi Darmawan mengatakan...

solid banget teksturnya,
gak numpah dibalikin gitu,
saya cuma sekali ngerasain olahan susu kambing, kalo ndak salah kefir namanya,
rasanya asem2 gitu, mirip yogurt

narti mengatakan...

kesini bikin laper mulu...

rahma mengatakan...

belom pernah nyoba susu kambign dalam bentuk apapun ieewh tadinya duah underestimate hahaha. ternyata.. worth to try tampaknya!

Pendar Bintang mengatakan...

Emang sih susu kambing katanya lebih baik dari susu sapi, karena harganya juga lebih mahal lho..

Dan manfaat susu kambing lebih banyak. Es krim susu kambing say abelom pernah karena di sekitar sini blom ada..

catatan kecilku mengatakan...

Walah Ga... aku ketinggalan banyak berita nih. Kamu tuh dari Malaysia lagi to? Ya ampun, pergi ke Malaysia kayak pergi ke Makasar aja... saking seringnya. Ini dalam rangka dines apa jalan2 lagi?

t h y a mengatakan...

rasanya kayak apa ya?? mau dong yg gratis?? ;D

obat sakit sinusitis mengatakan...

semoga diberi ketengan,,,

Obat Tradisional Kencing Manis mengatakan...

wah tergiur tuh saya liat es krim nya...
rasanya aneh gak mas ?

AuL Howler mengatakan...

Nyobain susu kambing sih pernah.

Nggak enak -___-

hahaha

es krim nya enak bang?
enakan mana dari McFlurry mekdi?

*penasaran*

cara alami mengobati batu ginjal mengatakan...

eskrim kambing....hahahaha

Obat Tbc Alami mengatakan...

berbagi Kata Kata Motivasi
Doaku hari ini: Tuhan, tetapkan aku dalam keimanan yang kokoh, datangkanlah kebaikan dan jauhkanlah segala keburukan.
semoga bermanfaat dapat di terima dan salam kenal ku tunggu kunjungan baliknya :D

Cara Herbal Pengobatan Infeksi Saluran Kemih mengatakan...

kalau pulang ke Indonesia boleh ya di kirim ke sini satu :)

Tarry KittyHolic mengatakan...

Di Indo sudah ada yg kayak gitu apa belum mas Gaphe?? Tapi sayangnya ga doyan kambing hikz

Audrey Subrata mengatakan...

sering nonton di tivi ternyata yang ga bisa tumpah itu es krim turki, mau satu dong baaaanngggg #mupeng

Esti Sulistyawan mengatakan...

Belum pernah minum susu kambing mas
Tapi kata orang2 sih agak neg
Es krim nya kayak'e enak ya
kunjungan perdana :P

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...